• Breaking News

    Thursday, October 13, 2016

    Resep Kue Sus

    Kue Sus adalah jenis kue yang berbentuk bulat dan dengan rongga ditengahnya, yang bisa berisi vla, custard, atau daging. Kue sus isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan terlebih dahulu di lemari es, sebab vla atau custard ini bahan bakunya adalah susu, jadi akan mudah menjadi basi. Choux à la crème adalah sebutan untuk Kue Sus dalam bahasa Perancis. Sebab Kue Sus yang bentuknya bundar seperti kubis menjadi sebab Kue Sus ini disebut choux (choux adalah bahasa Perancis untuk kol).

    Tidak seperti adonan kue bolu atau cake, adonan kue sus tidak dibuat dari kocokan telur atau mentega dengan gula. Adonan untuk kue sus (pâte à choux) dibuat dengan cara menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air dan mentega atau margarin hingga mendidih. Kemudian telur ayam ditambahkan satu per satu ke dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. Adonan kue sus tidak menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. Alat pengocok kue (mixer) hanya digunakan agar kue mengembang lebih bagus sewaktu dipanggang.

    Oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas sekali (220 derajat Celsius). Panas oven mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan membentuk kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan membuat rongga di bagian dalam kue. Adonan yang hampir serupa dengan kue sus digunakan untuk membuat kue-kue sejenis, misalnya: croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.

    Beberapa modifikasi kue sus juga terus berkembang, sehingga bentuk kue sus tidak lagi bulat, ada juga kue sus yang sudah dibentuk menjadi bentuk Angsa. Ada sus kering juga ada sus basah, tergantung cara penyajiannya.

    Bahan-Bahan Kue Sus

    1 cup (230 cc) air
    4 sendok makan (55 g) mentega tawar
    1/2 sendok teh garam
    1 cup (140 g) tepung terigu
    4 butir telur

    Cara Membuat Kue Sus

    1. Masukan air, mentega, dan garam dalam panci. Didihkan.

    2. Ketika mentega benar-benar meleleh, angkat dan tambahkan tepung. Campur dengan cepat sampai tercampur sepenuhnya.

    3. Letakan adonan di atas kompor dengan api kecil hingga kering selama sekitar 5 sampai 6 menit. Adonan harus lembut, tidak lengket.

    *** CATATAN ***
    Jika bagian bawah panci tertutupi dengan kerak keputihan tipis, ini merupakan indikasi bahwa adonan cukup kering.

    4. Pindahkan ke mangkuk dan lebarkan hingga dingin. Lakukan hingga adonan dingin, sekitar 5 menit.

    5. Tambahkan telur, aduk hingga tercampur rata seluruhnya, sehingga adonan lembut.

    6. Adonan harus lembut, mengkilap, dan menonggok dan berat seperti mayones. Panaskan oven sampai 370 F (190 C).

    7. Lapisi cookie sheet besar dengan kertas perkamen.

    8. Isi kantong kue dengan adonan. Menggunakan kantong kue, bentuk bola kecil sekitar 1 inch (2 - 3 cm)

    9. Oles bagian atas dengan telur.

    10. Panggang selama sekitar 35 menit atau sampai matang, mengembang dan berwarna keemasan. Mematikan pemanggang, buka sebagian oven, dan biarkan Kue Sus dingin perlahan-lahan dan kering selama sekitar 1 jam. Kue Sus mungkin runtuh jika didinginkan terlalu cepat.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel